Minggu, 11 September 2011

KRD MCW 301 dan MCW 302

KRD MCW 301 dan MCW 302 merupakan unit-unit kereta rel diesel hidrolik (KRDH) yang diproduksi oleh Nippon Sharyo (dan kalau tidak salah Tokyu juga ikut merakitnya) di mana seri MCW 301 didatangkan pada tahun 1976 dan seri MCW 302 didatangkan pada tahun 1980 hingga 1982.
KRD MCW 301 memiliki dua pintu pada setiap sisinya, dua pintu akses ke kabin masinis dan 1 pintu di bagian depan untuk mempermudah hilir mudik penumpang jika terjadi penggabungan rangkaian, sedangkan KRD MCW 302 memiliki tiga pintu di setiap sisinya, dua pintu akses ke kabin masinis, 1 pintu di bagian depan untuk penghubung dan toilet.
Pada awalnya, KRD ini menggunakan mesin dan transmisi hidrolik buatan Shinko, namun mulai tahun 1995 hingga 1999 secara bertahap 64 unit KRD MCW 302 dikonversi mesinnya ke Cummins yang dilakukan oleh PT. INKA Madiun dengan pembiayaan dari Jepang (JICA), dan sedangkan beberapa unit MCW 301 yang sudah tidak aktif mesinnya dimodifikasi menjadi kereta ekonomi (K3) yang beroperasi di wilayah Daop I dan Daop II.

Spesifikasi teknis KRD MCW 301 dan MCW 302:
- Jenis mesin: Cummins NT 855 R5
- Jenis transmisi: Voith T 211 r
- Jumlah pintu: 2 (MCW 301), 3 (MCW 302)
- Tahun konversi (MCW 302): 1995-1999
- Daya keluaran mesin: 206 kW=276 HP
- Daya keluaran transmisi: 194 Kw=260 HP
- Kecepatan maksimum: 90 km/h
- Massa total rangkaian: 189,6 ton (4 kereta)

Gambar teknisnya:

1 = Mesin
2 = Transmisi
3 = Roda
4 = Sistem pendingin (di atap)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar